Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

Kata-kata Pembuka

Halo selamat datang di jobfairbantul.com. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang pengertian penelitian tindakan kelas menurut para ahli. Penelitian tindakan kelas adalah salah satu metode penelitian yang sering digunakan dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara lengkap definisi penelitian tindakan kelas menurut beberapa ahli pendidikan terkemuka. Mari simak penjelasan berikut ini.

Pendahuluan

Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research/CAR) merupakan sebuah metode penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas sebagai upaya untuk memperbaiki pembelajaran yang ada. Metode ini melibatkan guru dan siswa dalam sebuah proses kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Pendekatan ini sangat penting dalam konteks pendidikan, mengingat perubahan dan perkembangan yang terus terjadi di dunia pendidikan.

Penelitian tindakan kelas telah banyak diteliti oleh para ahli pendidikan, yang menghasilkan berbagai definisi untuk pengertian penelitian tindakan kelas. Menurut Gage dan Berliner (1992), penelitian tindakan kelas adalah metode penelitian yang dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan praktek pembelajaran di dalam kelas. Sementara itu, Kemmis dan McTaggart (1990) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai sebuah proses refleksi dan tindakan yang sistematis yang dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan praktek pembelajaran di dalam kelas.

Secara umum, penelitian tindakan kelas merupakan sebuah pendekatan yang menggabungkan tiga komponen utama, yaitu praktek pembelajaran, refleksi guru, dan tindakan perbaikan. Dalam penelitian ini, seorang guru akan melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran yang sedang berlangsung di kelas, merenungkan praktek yang sudah dilakukan, dan melakukan tindakan perbaikan untuk meningkatkan pembelajaran tersebut.

Adapun beberapa kelebihan dari penelitian tindakan kelas menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Mendukung Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Penelitian tindakan kelas memberikan kesempatan kepada guru untuk melakukan perbaikan terhadap praktek pembelajaran di kelas. Dengan melakukan pengamatan, refleksi, dan tindakan perbaikan secara berkelanjutan, kualitas pembelajaran di kelas dapat meningkat secara signifikan.

2. Memperbaiki Hubungan Interaksi antara Guru dan Siswa

Penelitian tindakan kelas juga membantu guru dalam memperbaiki hubungan interaksi antara guru dan siswa. Guru dapat lebih memahami kebutuhan siswa dan melakukan refleksi terhadap strategi pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

3. Memberikan Kontribusi terhadap Pengembangan Ilmu Pendidikan

Dalam penelitian tindakan kelas, guru dapat menjadikan dirinya sebagai peneliti di dalam kelasnya sendiri. Hal ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan secara lebih luas, mengingat penelitian ini dilakukan berdasarkan pengalaman nyata di lapangan.

4. Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran

Dengan melibatkan siswa dalam proses penelitian, penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Siswa menjadi lebih aktif dan berperan aktif dalam memperbaiki praktek pembelajaran di kelas.

5. Menumbuhkan Sikap Kritis dan Kreatif Siswa

Penelitian tindakan kelas juga dapat menumbuhkan sikap kritis dan kreatif siswa. Dalam penelitian ini, siswa diajak untuk berpikir lebih dalam, memunculkan ide-ide baru, dan mencoba solusi-solusi yang inovatif untuk memperbaiki pembelajaran di kelas.

6. Memperkuat Kolaborasi antara Guru dengan Siswa

Penelitian tindakan kelas merupakan aktivitas kolaboratif antara guru dengan siswa. Guru dan siswa bekerja sama untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi tindakan perbaikan yang dilakukan. Hal ini memperkuat kolaborasi dalam pembelajaran di kelas.

7. Menghasilkan Pengetahuan yang Berbasis Praktek

Hasil dari penelitian tindakan kelas adalah pengetahuan yang berbasis praktek, yang dapat digunakan oleh guru untuk perbaikan pembelajaran di kelas mereka secara berkelanjutan. Pengetahuan yang didapatkan tidak hanya melalui teori, tetapi juga dari pengalaman praktis dalam kelas.

Tabel Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

No Nama Ahli Definisi
1 Gage dan Berliner Metode penelitian yang dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan praktek pembelajaran di dalam kelas.
2 Kemmis dan McTaggart Proses refleksi dan tindakan yang sistematis yang dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan praktek pembelajaran di dalam kelas.

Pertanyaan Umum tentang Penelitian Tindakan Kelas

1. Apa tujuan dari penelitian tindakan kelas?

Tujuan dari penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan praktek pembelajaran di dalam kelas.

2. Bagaimana proses penelitian tindakan kelas dilakukan?

Proses penelitian tindakan kelas melibatkan empat tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

3. Berapa lama durasi penelitian tindakan kelas?

Durasi penelitian tindakan kelas dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas masalah yang diteliti, namun umumnya berkisar antara tiga hingga empat siklus.

4. Apa manfaat penelitian tindakan kelas bagi siswa?

Penelitian tindakan kelas memberikan manfaat bagi siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, keterlibatan siswa, dan pengembangan sikap kritis dan kreatif.

5. Apa perbedaan antara penelitian tindakan kelas dengan penelitian kualitatif?

Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di dalam lingkungan pendidikan, namun fokusnya lebih pada perbaikan pembelajaran secara praktis.

6. Bagaimana cara menganalisis data dalam penelitian tindakan kelas?

Analisis data dalam penelitian tindakan kelas dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan analisis deskriptif.

7. Apa saja aspek yang dievaluasi dalam penelitian tindakan kelas?

Aspek yang dievaluasi dalam penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan metode penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan praktek pembelajaran di dalam kelas. Metode ini melibatkan proses pengamatan, refleksi, dan tindakan perbaikan yang dilakukan secara berkelanjutan. Penelitian tindakan kelas memiliki beberapa kelebihan, di antaranya mendukung peningkatan kualitas pembelajaran, memperbaiki hubungan interaksi antara guru dan siswa, dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan. Dengan melakukan penelitian tindakan kelas, diharapkan guru dapat menghasilkan pengetahuan yang berbasis praktek untuk perbaikan pembelajaran di kelas mereka.

Ayo lakukan penelitian tindakan kelas dan tingkatkan kualitas pembelajaran di kelas Anda! Semoga sukses!

Kata Penutup

Demikianlah artikel mengenai pengertian penelitian tindakan kelas menurut para ahli. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang penelitian tindakan kelas. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman seputar penelitian tindakan kelas, jangan ragu untuk menghubungi kami. Salam sukses dalam meningkatkan kualitas pembelajaran!